Rabu 29 May 2013 15:15 WIB

Elektabilitas Jokowi Sebagai Capres Tertinggi

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Djibril Muhammad
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Antara
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang mengatakan, Jokowi merupakan kader PDIP yang memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden (capres) saat ini dibandingkan dengan lainnya.

"Menurut tren yang ada di masyarakat saat ini, Jokowi paling disukai," katanya di Jakarta, Rabu, (29/5).

 

Jokowi, ujar Sebastian, sudah membuktikan kapabilitasnya sebagai pemimpin. Ia  pernah menjadi kepala daerah di Solo. Di sana kepemimpinannya dinilai bagus. "Bahkan ia juga membuktikan kemampuannya bertarung di Jakarta," ujarnya.

Terkait adanya isu Puan Maharani yang digadang-gadang akan maju nyapres, Sebastian menilai Puan dari sisi elektabilitas masih sulit untuk menyaingi Jokowi. Selain itu dari jenjang karir politik, ia masih harus menempuh jenjang karir yang lebih tinggi.

"Untuk saat ini, Puan lebih cocok menjadi salah satu menteri dulu. Baru setelah karir politiknya makin berkibar ia bisa dicalonkan menjadi capres," kata Sebastian.

Jika berbicara orang yang paling berhak nyapres, ujar Sebastian, tentu saja Megawati yang paling berhak nyapres. Sebab ia menduduki level tertinggi PDIP yakni ketua umum. Namun Megawati sudah nyaores dua kali, kalau nanti tidak terpilih lagi pada pemilu 2014, malah akan menjadi bumerang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement