Senin 01 Jul 2013 09:00 WIB

Layanan PLIK Bantu Akses Informasi Masyarakat di Daerah Terpencil

Internet memudahkan segala hal/ilustrasi
Foto: ist
Internet memudahkan segala hal/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Layanan internet telah membantu akses informasi masyarakat di daerah terpencil, terluar dan tertinggal.

Wakil Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikadi Nasional (Detiknas) Kemenkominfo Prof Zainal A Hasibuan mengatakan, 70 persen dari program Pusat Pelayanan Internet Kecamatan (PLIK) yang didirikan di 32 provinsi di Indonesia telah berjalan sukses.

"Dengan pencapaian yang sudah 70 persen ini, tetap harus didorong terus agar penggunaannya lebih optimal di masyarakat," kata Zainal A Hasibuan di Mataram, NTB, Ahad malam.

PLIK dan Mobile PLIK (M-PLIK) merupakan bagian dari empat program Desa Pinter (Desa Punya Internet) yang dilakukan oleh Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). Desa Pinter dimaksudkan untuk menghilangkan kesenjangan informasi dan pendidikan di Tanah Air.

"Dengan komputer yang dilengkapi akses internet, masyarakat dapat mengakses informasi apapun termasuk dunia pendidikan dan pengetahuan lainnya," kata Hasibuan saat temu media bertajuk "Peran PLIK dan MPLIK dalam Meretas Belenggu Teknologi Informasi".

Target semula hingga 31 Desember 2010, desa di kecamatan yang dilayani akses internet atau PLIK untuk seluruh Indonesia (kecuali DKI Jakarta) sebanyak 4.218. Ia mengatakan target pembentukan itu sudah terlaksana semuanya, dan 70 persennya berjalan lancar atau dimasukkan dalam kategori sukses.

"Namun yang kami masukkan sukses itu bukan semuanya dengan tingkat kunjungan masyarakat yang tinggi dan rata-rata pemakaian di atas delapan jam sehari, yang penataan sarana prasarananya bagus dan tetap jalan operasionalnya juga kami kategorikan sukses. Sementara yang dikategorikan gagal itu ada yang komputernya tidak terpasang, perangkatnya hilang karena dicuri maupun pengelolaan yang amburadul," ujarnya.

Oleh karena itu, ujar dia, ke depan tetap harus terus dilakukan pembenahan dari sisi sumber daya manusia (SDM), infrastruktur pendukung berupa listrik maupun akses jalan.

"SDM pengelola hendaknya memiliki langkah inovatif supaya bisa mengembangkan PLIK dengan menjalin berbagai kemitraan sehingga masyarakat dapat tertarik mendatangani PLIK karena ini sesungguhnya bisnis untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga," ucapnya.

Ia menambahkan, langkah yang bisa diambil diantaranya dengan melibatkan pemangku kepentingan dalam menetapkan arah strategi pengembangan, mengkonsolidasikan program yang bersifat lintas sektoral dan vertikal, melibatkan para akademisi dalam melakukan pendampingan, serta meningkatkan akses konektivitas.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement