Selasa 02 Jul 2013 16:19 WIB

BI Purwokerto Siapkan Uang Pecahan Rp 2,7 Triliun

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Nidia Zuraya
 Gedung Bank Indonesia
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Gedung Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2013 ini, Bank Indonesia (BI) perwakilan Purwokerto, menyiapkan dana kecil pecahan Rp 20 ribu ke bawah senilai Rp 2,7 triliun. Jumlah ini meningkat sekitar 23 persen dibanding musim lebaran tahun 2012 lalu, dimana BI menyiapkan uang pecahan kecil senilai Rp 2,2 triliun.

''Kita menyiapkan uang pecahan lebih besar dibanding tahun lalu, karena kemungkinan warga yang hendak menukarkan uangnya pada masa menjelang lebaran tahun ini akan lebih banyak,'' jelas Deputi Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Purwokerto, Rusli Albas, Selasa (2/7).

Pada tahun lalu, dari persediaan uang kecil senilai Rp 2,2 triliun, yang terserap dari proses penukaran uang ada sekitar Rp 1,8 triliun. Dengan demikian, masih tersisa sekitar 400 miliar uang kecil yang tidak ditukarkan oleh masyarakat.

Namun jumlah uang kecil yang disediakan tahun ini, Rusli memperkirakan jumlah uang yang tersisa akan lebih banyal lagi. Hal ini karena dalam menetapkan jumlah persediaan yang kecil tersebut, pihaknya memberlakukan sistem yang berbeda.''Sebelum menetapkan  nominal yang kecil, kami telah meminta masukan ke bank-bank umum yang beroperasi di wilayah operasi BI Purwokerto. Hal ini karena kami menilai mereka lebih tahu kebutuhan masyarakat,'' jelasnya.