Selasa 30 Jul 2013 16:50 WIB

Pejabat Uni Eropa Temui Mursi Selama Dua Jam

Kepala urusan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton
Foto: AP PHOTO
Kepala urusan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (EU), Catherine Ashton, Selasa (30/7) melakukan pembicaraan selama dua jam dengan presiden terguling Mesir, Muhammad Mursi, di tempat ia ditahan segera setelah ia digulingkan dalam kudeta militer pada 3 Juli.

''Ashton bertemu dengan Mursi selama dua jam," kata juru bicaranya, Maja Kocijancic, kepada AFP.

Ashton berada di Kairo untuk membicarakan krisis politik berdarah yang melanda negara paling banyak penduduknya di dunia Arab itu. Dia menemui Mursi pada Senin malam.

Sumber-sumber mengemukakan kepada AFP bahwa ia meninggalkan Kairo dengan menggunakan satu helikopter militer menuju satu lokasi yang tidak diungkapkan. Tempat dimana Mursi ditahan.

Dalam kunjungan terakhirnya pada 17 Juli, Ashton tidak berhasil meminta izin untuk menemui Mursi. Ashton mendesak militer Mesir membebaskan Mursi.

Para pendukung Mursi melakukan unjuk rasa setiap hari menuntut pemulihan jabatannya. Pada Senin, mereka bergerak dari satu lokasi unjuk rasa penting Kairo ke beberapa markas besar keamanan.

Ashton, yang tiba di Kairo pada Ahad malam, melakukan perundingan dengan sejumlah pejabat sepanjang Senin. Itu termasuk pembicaraan dengan presiden sementara yang dilantik militer, Adly Mansour; wakil presiden bagi urusan internasional, Muhammad ElBaradei; dan panglima militer, Jenderal Fattah Al Sissi.

sumber : Antara/AFP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement