Jumat 02 Aug 2013 23:06 WIB

Dinas PU Perbaiki Jalan Utama Arus Mudik

Perbaikan jalan.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Perbaikan jalan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Jalan utama bagi pemudik di Jalan Prabungkasari depan gedung baru Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum Kota Mataram.

Jalan ini merupakan salah satu jalan utama yang digunakan pemudik baik melalui darat ke Pelabuhan Lembar maupun udara ke Bandara Internasional Lombok (BIL)," katanya Kepala Dinas PU Kota Mataram, H Mahmuddin Tura saat ditemui di Kantor Wali Kota Mataram, Jumat (2/8).

Menurutnya, kondisi jalan yang sudah banyak berlubang dan bergelombang, dinilai mengkhawatirkan keselamatan dan keamanan pengguna jalan, kondisi itu juga dapat membuat arus kendaraan menjadi macet. "Sehingga saat ini pengerasan jalan itu menjadi prioritas," katanya.

Dikatakannya, pengerasan jalan sepanjang 100 meter yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan ditargetkan rampung sekitar H-3 Idul Fitri 1434 Hijriah. "Dananya belum bisa kita prediksi, karena dana yang kita gunakan adalah dari perbaikan jalan dengan alokasi dana tahun 2013 ini sebesar Rp 500 juta," katanya.

Ia mengatakan, program perbaikan jalan itu merupakan program spontanitas mengingat tingginya arus lalu lintas di kawasan tersebut yang menjadi salah satu jalur utama menuju BIL dan Pelabuhan Lembar. "Kita berharap dengan adanya pengerjakan itu, dapat meminimalisir kemacetan ketika arus mudik dan arus balik," katanya.

Mahmuddin mengatakan, proses pengerjaan pada pada sejumlah titik di Kota Mataram tidak dapat dihentikan, karena harus mengejar target pengerjakan. Namun, pihaknya terus mengimbau kepada kontraktor agar dalam melaksanakan pekerjaannya dapat memperhatikan kepentingan pengguna jalan, salah satunya dengan menata material yang akan digunakan agar tidak menjadi penyebab kemacetan.

"Imbauan kepada para kontraktor tetap kita layangkan, sehingga jalan dapat tetap dilewati oleh masyarakat, terutama yang warga yang akan muudik," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement