Sabtu 03 Aug 2013 15:12 WIB

Besok Ribuan Pemudik Diperkirakan Serbu Stasiun dan Pelabuhan

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Karta Raharja Ucu
Tradisi Mudik
Foto: MgROL17
Tradisi Mudik

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Humas PT KAI Daop 8, Zakaria mengatakan, untuk angkutan Lebaran, pihaknya mengoperasikan enam rangkaian kereta cadangan dengan tujuan Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

Bila perjalanan normal hanya 74 kereta, kali naik hingga 86 kereta. Setiap tahun, jumlah penumpang pengguna jasa kereta api selama musim mudik terus mengalami kenaikan antara 3-4 persen.

Pada 2011 lalu, jumlahnya 559.187 orang, naik 2012 menjadi 594.163 orang. Dan estimasinya tahun ini, penumpang angkutan lebaran bisa mencapai 617.220 orang. “Dengan okupansi mencapai 80 persen,” kata Zakaria, Sabtu (3/8).

Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto memperkirakan akan ada 135 ribu penumpang yang menggunakan transportasi jalur laut melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Pihaknya telah menyediakan dua terminal yang dapat menampung hingga 3.000 orang per hari.

Namun, berbeda dengan lintas darat dan udara, pengguna transportasi laut ini umumnya memadati pelabuhan pada H-1, bahkan beberapa hari setelah lebaran. Karena mereka bukanlah orang terikat dengan pola waktu kerja. “Pada H-1 bisa sampai 11 ribu penumpang,” ujarnya.

Kepala Seksi Hukum dan Komunikasi Bandara Juanda, Shafwan Hadi mengatakan, puncak arus penumpang terjadi Sabtu (3/8) dan Ahad (4/8), dengan jumlah 865 ribu sampai 905 ribu orang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement