Kamis 29 Aug 2013 13:44 WIB

Donovan Batal Tinggalkan LA Galaxy

Landon Donovan
Foto: AP/Mark J. Terrill
Landon Donovan

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Penyerang asal Amerika Serikat, Landon Donovan setuju memperpajang kontrak 'multi-year' dengan LA Galaxy. Keputusannya membuyarkan spekulasi Donovan bakal hengkang dari Major League Soccer (MLS).

Sebelumnya, pencetak gol terbanyak sepanjang masa Galaxy dengan 99 gol dalam 210 pertandingan itu dilaporkan bakal hengkang. "Klub sepak bola ini selalu menghormati saya, sehingga saya merasa tersanjung dan bersedia bermain terus bersama mereka," kata Donovan dalam pernyataan yang dikeluarkan klub, Kamis (29/8).

Penyerang 31 tahun itu melanjutkan, "Kesempatan bermain dalam klub yang saya cintai, kemudian menjadi juara, dan disukai penonton yang juga dekat dengan keluarga saya, merupakan mimpi yang menjadi kenyataan."

Kontrak striker yang pernah dipinjam Everton dan Bayern Muenchen itu sebenarnya berakhir Desember mendatang. "Kami senang Landon memperpanjang kontrak bersama Galaxy," kata pelatih kepala dan manajer umum Bruce Arena.

"Ia pemain hebat dalam sejarah sepak bola di negara kami. Kesepahaman kontrak ini menunjukkan bahwa kami memiliki komitmen untuk maju terus dalam kompetisi, seperti yang sudah kami lakukan selama ini."

Donovan, diyakini merupakan salah satu pemain terbaik yang dihasilkan AS, melakukan rehat panjang setelah timnya meraih Piala MLS pada Desember lalu. Sayangnya, ia kehilangan tempat di Timnas AS.

Tapi ia tampil lagi di kancah internasional pada turnamen Piala Emas CONCACAF baru-baru ini dan sebagai pencetak gol bersama terbanyak dalam turnamen itu dengan lima gol, menolong tim besutan Juergen Klinsmann itu meraih gelar.

Kehilangan Donovan bisa jadi merupakan pukulan besar bagi Galaxy, setelah pemain bintang Inggris David Beckham meninggalkan klub itu musim lalu. Galaxy juga berhasil mengamankan jasa stiker asal Irlandia, Robbie Keane.

Sayangnya, janji klub untuk memboyong pemain besar lainnya menggantikan Beckham masih belum terwujud. Bintang Real Madrid, Ricardo Kaka dan playmeker Chelsea, Frank Lampard disebut-sebut akan pindah ke Los Angeles.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement