Jumat 06 Sep 2013 10:31 WIB

Jika Jokowi 'Nyapres', Kawan Lamanya Siap Dukung Penuh

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Citra Listya Rini
Jokowi dan Megawati
Foto: Antara/Haryo Setyaki
Jokowi dan Megawati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPC PDI Perjuangan Solo, FX Hadi Rudyatmo menyatakan siap menjalankan keputusan partai yang menyangkut penetapan calon presiden (capres). Menurutnya, siapapun pasangan capres yang diusung partai akan didukung penuh, termasuk kemungkinan PDI Perjuangan mengusung pasangan Megawati-Jokowi. 

"Kalau keputusan partai (untuk Pilpres) Mega-Jokowi saya siap jalankan perintah," kata Rudy ketika dihubungi Republika, Jumat (6/9).

Mantan wakil walikota Solo periode Jokowi ini menyadari tingkat elektabilitas Jokowi sebagai capres. Berbagai hasil survei menunjukan elektabilitas Jokowi selalu berada di puncak teratas. 

Namun, Rudy mengingatkan agar Jokowi tidak lengah dan tetap fokus menyelesaikan tugas sebagai gubernur. "Saya pesan ke Pak Jokowi laksanakan dahulu tugasnya sekarang (sebagai gubernur). Jangan terpengaruh survei," ujar Rudy.

 

Pesan Rudy ke Jokowi bukan tanpa alasan. Dia mengaku khawatir bila Jokowi terpengaruh hasil survei, kawan lamanya itu tidak bisa bekerja secara maksimal membenahi persoalan Jakarta. 

Kalau sudah begini, bukan tidak mungkin akan ada serangan politik yang dialamatkan kepada Jokowi menjelang Pemilu 2014. "Kalau fokus survei nanti kerja terbengkalai, masyarakat yang dirugikan," kata Rudy yang sekarang menjadi Walikota Solo ini.

Sebagai masyarakat Solo, Rudy mengaku menyambut positif trend elektabilitas Jokowi yang cukup tinggi. Hanya saja, ia menegaskan PDI Perjuangan memiliki aturan dan mekanisme sendiri dalam menetapkan capres. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement