Kamis 17 Oct 2013 06:42 WIB

Makanan dan Obat Ilegal Banyak Beredar di Sumut

Red: Hazliansyah
 Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah supermarket di Jakarta, Rabu (24/7).  (Republika/ Yasin Habibi)
Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah supermarket di Jakarta, Rabu (24/7). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Utara mengatakan makanan dan obat ilegal masih banyak beredar dan menjadi tugas Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan untuk menertibkannya.

"Petugas BBPOM harus proaktif melakukan razia makanan dan obat-obatan yang dianggab bermasalah tersebut," kata Ketua YLKI Sumut, Abubakar Siddik di Medan, Rabu.

Sebab, katanya, produk makanan dan obat ilegal yang berhasil diamankan petugas BBPOM hanya baru sebahagian kecil, dan diperkirakan masih banyak lagi yang menumpuk disimpan di gudang maupun di rumah sewa.

"Kegiatan penyeludupan obat dan makanan yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia itu, diatur oleh sindikat, sehingga agak sulit dipantau petugas BBPOM," ucap Abubakar.