CANBERRA -- Pemerintah Ibukota Australia (ACT) meluncurkan kampanye bernilai 2,6 juta dollar (Rp 27,9 milliar) untuk mempromosikan Canberra terkait perayaan 100 tahun kota tersebut.
Kampanye promosi ini termasuk merancang logo baru untuk mewakili Canberra, dalam bentuk huruf-huruf ‘CBR’, singkatan dari ‘Confident, Bold and Ready’ atau ‘Percaya diri, Berani, dan Siap.’
Proyek branding ini sudah berlangsung selama 15 bulan. Hasil selengkapnya akan diumumkan bulan Maret 2014.
Menteri Utama ACT Katy Gallagher mengatakan, merk baru untuk ibukota negara tersebut melambangkan kesempatan-kesempatan baru.
“Ini bukan sekadar memberi logo baru untuk Canberra. ‘Merk’ kota kami haruslah merupakan gagasan kolektif – dan advokasi kolektif – tentang siapa kami dan apa yang kami tawarkan – merk yang benar-benar mewakili Canberra,” jelasnya.
Menteri Keuangan ACT Andrew Barr mengatakan kebanyakan anggaran proyek ini akan digunakan untuk biaya iklan. “Kebanyakan pembelanjaan pemerintah akan berkisar seputar promosi dan ‘aktivasi’ merk,” jelasnya, “Ini konsisten dengan apa yang tengah dilakukan di kota-kota seluruh dunia dan di Australia."
Sebelum peluncuran merk BCR secara resmi, dilakukan juga program konsultasi dengan masyarakat selama tiga bulan.