Selasa 03 Dec 2013 16:49 WIB

Gedung Putih Desak Korut Bebaskan Tahanan Asal AS

Red: Dewi Mardiani
Jay Carney
Foto: AP
Jay Carney

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gedung Putih, pada Senin (2/12), menuntut Korea Utara (Korut), segera membebaskan dua orang Amerika Serikat, yang ditahan di sana, Kenneth Bae dan Merrill Newman.

"Kami sangat prihatin tentang kesejahteraan warga AS, yang ditahan di DPRK (Korea Utara)," kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Jay Carney, pada jumpa pers yang dilaporkan Yonhap dan dikutip, Selasa (3/12).

Dia mencatat Bae, seorang pria Korea-Amerika, 45 tahun, telah ditahan di negara komunis itu selama lebih dari setahun. Carney juga menyerukan pembebasan Newman, 85 tahun, veteran yang pernah bertempur dalam Perang Korea 1950-53. "Mengingat kondisi lanjut usia dan kesehatan Newman, kami mendesak DPRK untuk membebaskan Newman sehingga ia dapat kembali pulang ke rumah dan bersatu kembali dengan keluarganya," katanya.

Carney tidak mengkonfirmasikan apakah Wakil Presiden Joe Biden akan mengangkat isu penahanan itu selama perjalanannya ke Asia Timur Laut. Biden dijadwalkan akan bertemu pemimpin puncak Jepang, Cina dan Korea Selatan untuk membahas "semua isu-isu penting," kata Carney tanpa menjelaskan lebih lanjut. "Saya yakin bahwa orang-orang yang mendapatkan banyak perhatian sekarang akan berada di antara isu-isu yang dibahas," katanya.