Sabtu 12 Apr 2014 00:45 WIB

Obama Tunjuk Menteri Kesehatan Baru

Rep: Satya Festiani/ Red: Bilal Ramadhan
Barack Obama
Foto: AP/Manuel Balce Ceneta
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC– Presiden AS Barack Obama menunjuk Direktur Anggaran Gedung Putih Sylvia Mathews Burwell untuk menjadi Menteri Kesehatan. Burwell akan menggantikan Kathleen Sebelius yang mengundurkan diri karena Obamacare mengalami kegagalan.

“Burwell (48 tahun) adalah manajer yang berpengalaman,” ujar Obama pada BBC, Jumat (11/4). Sebelum resmi menjabat, Burwell harus mendapatkan restu dari senat.

Burwell pernah menjabat beberapa posisi di Gedung Putih. Ia pernah menjadi Direktur Anggaran di bawah Presiden Bill Clinton. Ia juga pernah mengepalai divisi pengembangan global di Bill and Melinda Gates Foundation.

Mengenai masa jabatan Sebelius, Obama mengatakan, wanita tersebut telah melakukan pekerjaan yang baik. “Skor terakhir telah membuktikannya,” ujarnya.

Sebanyak 7,5 juta orang telah terdaftar dalam asuransi kesehatan. Padahal program tersebut ditargetkan dapat meraih 48 juta rakyat AS. Minimnya angka yang dicapai disebabkan oleh banyaknya kendala.

Partai Republik yang memang tidak menyetujui adanya Obamacare mengkritik Obama yang gagal dalam program tersebut. Mereka meminta agar Sebelius dipecat, tetapi Obama menolak.

Sebelius kemudian mengambil keputusan untuk mengundurkan diri. Sebelum menjabat sebagai Menteri Kesehatan pada 2009, Sebelius menjabat sebagai Gubernur Kansas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement