Sabtu 03 May 2014 03:13 WIB

Ukraina Membara 31 Orang Tewas

Rep: nora azizah/ Red: Taufik Rachman
Demonstran antipemerintah Ukraina melemparkan ban menghadapi polisi antikerusuhan di Independence Square, Kiev, Rabu (19/2).
Foto: Reuters/Vasily Fedosenko
Demonstran antipemerintah Ukraina melemparkan ban menghadapi polisi antikerusuhan di Independence Square, Kiev, Rabu (19/2).

REPUBLIKA.CO.ID,UKRAINA - Sedikitnya 31 orang tewas dalam kebakaran di Kota Odessa, Ukraina, seperti dilansir bbc news, Jumat (2/5). Kota yang terletak di bagian selatan Ukraina itu masih bergejolak.

Kebakaran terjadi ketika bentrokan antara demonstran pro Rusia dan pendukung Ukraina. Pejabat setempat mengatakan, mereka kewalahan dengan api. Korban yang meninggal disinyalir tewas akibat meloncat dari gedung dimana bentrokan terjadi.

Peristiwa ini terjadi di kantor wilayah Kementerian Dalam Negeri Ukraina, dimana Serikat Pekerja Odessa terlibat di dalamnya. Namun tidak ada keterangan yang lebih rinci mengenai kejadian tersebut. Belum ada konfirmasi dari pemerintah setempat bagaimana api bisa mulai menyala.

Presiden Oleksandr Turchynov mengatakan, banyak separatis yang tewas dalam serangan tersebut. Para aktivis menyita sejumlah gedung pemerintahan. Beberapa dari mereka juga ditahan di bagian Timur Ukraina.