Jumat 23 May 2014 23:32 WIB

Koperasi di Jatim Target Pasar Lokal

Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah pengunjung melihat-lihat makanan dan minuman produksi usaha kecil dan menengah (UKM) saat pameran Koperasi dan UKM Makanan, Minuman, dan Kemasan 2012 di Gedung SME Tower, Jakarta, Rabu (3/10).
Foto: Antara/Andika Wahyu
Sejumlah pengunjung melihat-lihat makanan dan minuman produksi usaha kecil dan menengah (UKM) saat pameran Koperasi dan UKM Makanan, Minuman, dan Kemasan 2012 di Gedung SME Tower, Jakarta, Rabu (3/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG-- Provinsi Jawa Timur (Jatim) menargetkan koperasi-koperasi yang tumbuh di wilayah itu mampu menguasai pasar lokal dengan menjadi pemasok kebutuhan domestik provinsi tersebut.

"Kami pasang target agar pasar lokal minimal di Jatim ini dikuasai oleh produk-produk koperasi," kata Kepala Bidang Usaha Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur (Jatim) Mas Purnomo Hadi di Malang, Jumat.

Ia mengatakan sampai saat ini koperasi di Jatim jumlahnya mencapai 30.674 unit dengan bidang usaha beragam mulai dari usaha simpan pinjam, produksi, konsumsi, dan jasa. Fakta itu menjadikan koperasi memiliki potensi besar untuk menguasai pasar produk barang dan jasa di provinsi tersebut.

"Tapi kita sadari persoalan utama koperasi-koperasi ini adalah sumber daya manusia yang masih belum berdaya saing tinggi," katanya.