REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Carrefour Indonesia mulai Juni 2014 menambah pasokan persediaan produk-produk kebutuhan keluarga khususnya untuk menghadapi bulan puasa Ramadhan. "Kami akan menambah pasokan sebanyak 40-50 persen dari persediaan harian rata-rata agar mencukupi dan konsumen tidak perlu takut kekurangan pada saat Ramadhan nanti," kata Head of Public Affair PT Carrefour Indonesia, Satria Hamid, Jumat (23/5) malam.
Satria menjelaskan, langkah tersebut diambil khususnya pada H-10 hingga H+7 Lebaran. Hal itu mengingat pada 10 hari menjelang perayaan Idul Fitri ada kendala dalam distribusi seperti padatnya jalur pantura dan juga penuhnya pelabuhan-pelabuhan.
"Yang paling kritis adalah H-10, kadang pantura macet, pelabuhan 'stuck', dan kami sudah persiapkan sekarang termasuk daging sapi sebanyak 500 ton," ujar Satria.
Pertimbangan lainnya, lanjut Satria, adalah adanya tantangan kepadanya untuk produk-produk yang memiliki umur pendek yang harus segera didistribusikan agar kebutuhan masyarakat terpenuhi. "Kami sebisa mungkin dapat memenuhi kebutuhan atas produk-produk yang memiliki umur pendek tersebut. Prinsipnya diperuntukkan bagi kota-kota besar, dan diharapkan pemerintah bisa mengamankan jalur-jalur distribusi tersebut," ujar Satria.