Kamis 07 Aug 2014 07:55 WIB

Iran Siap Bantu Pengungsi Kristen Irak

Rep: C73/ Red: Didi Purwadi
Gerilyawan ISIS
Foto: EPA/Mohammed Jalil
Gerilyawan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Duta Besar Iran untuk Baghdad, Hassan Danayifar, mengatakan bahwa Republik Islam Iran siap untuk memberikan bantuan kepada penduduk Kristen Irak yang mengungsi karena kelompok gerilyawan ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah).

Sebagaimana dilansir dari PressTV pada Rabu (6/8), Iran siap untuk membantu meringankan masalah dan penderitaan umat Kristen yang mengungsi dari Mosul, Irak bagian utara.

Pernyataan itu disuarakannya dalam pertemuan pada Selasa (5/8) dengan Younadim Kanna, pemimpin blok Al Rafidain yang mewakili umat Kristen Irak di Parlemen Irak.

Hassan menyatakan penyesalan atas kekerasan yang tengah berlangsung di tangan ISIS terhadap warga Irak, termasuk Kristen. Ia juga menyampaikan belasungkawa terhadap warga Irak.

"Iran siap untuk meminjamkan bantuan yang diperlukan, termasuk pengobatan bagi warga yang terluka, untuk menghilangkan penderitaan dan masalah pengungsi Kristen," tutur diplomat Iran tersebut.

Ribuan penduduk Kristen Irak telah dipaksa keluar dari rumah mereka di kota Mosul. Mereka mengungsi menyusul ultimatum ISIS untuk masuk Islam, membayar pajak atau menghadapi kematian.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement