Selasa 20 Nov 2018 17:30 WIB

Jelang Pemilu, Sebanyak 4.500 Personel Linmas Dilatih

Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman tentang peraturan Pemilu 2019

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Fernan Rahadi
 Anggota Satpol PP dan Linmas mengikuti upacara (ilustrasi)
Anggota Satpol PP dan Linmas mengikuti upacara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menjelang pemilu 2019, sebanyak 4.500  personel linmas se-DIY mendapatkan pelatihan yang dibagi dalam beberapa angkatan. "Pelatihan dijadwalkan selama bulan November-Desember dengan anggaran dari APBD DIY," kata Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto.

Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman tentang peraturan Pemilu 2019. Sehingga Satlinmas dapat bertugas dengan baik saat pemilu 2019 dilaksanakan.

Pelatihan dan pembekalan Satlinmas Angkatan pertama  dari Kota Yogyakarta dengan penyelenggara Satpol PP DIY diikuti 300 personel Linmas dari Kecamatan Tegalrejo, Wirobrajan, dan Gedongtengen Kota Yogyakarta.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad mrngatakan pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan Linmas yang akan bertugas pada Pemilu 2019. Pelatihan sangat penting karena secara teknis pelaksanaan Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya. 

Dalam pemilu 2019, pemilu presiden dan pemilu legislatif dilakukan secara bersamaan. "Sebagaimana semboyan Satlinmas di Kota Yogyakarta yakni 'Ora Perlu Kondang Sing Penting Tumandang', kami yakin dan percaya para linmas memiliki jiwa mulia, keikhlasan dan kerelaan dalam berjuang membantu masyarakat khususnya membantu mewujudkan ketenteraman, keamanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat jelang Pemilu 2019,” ujar Eko Suwanto.

Menurutnya, dirinya banyak memperoleh ilmu kehidupan dari para Linmas yaitu ilmu ikhlas. Karena itu dia tidak tanggung-tanggung menyebut Satlinmas sebagai garda terdepan pada pelaksanaan Pemilu 2019 khususnya di bidang ketenteraman, ketenteraman, dan perlindungan masyarakat.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY itu mengharapkan, setelah pelatihan Linmas perlu duduk bersama dengan babinkabtibmas dan babinsa untuk melakukan pemetaan di wilayah masing-masing, dibantu Pemda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement