Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

3 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Menyambangi Pantai Pasir Putih di Barat Pangandaran

Kamis 26 Sep 2019 23:13 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

 Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Area bibir pantai pasir putih cukup luas dan bersih untuk digunakan bersantai

PANGANDARAN, AYOBANDUNG.COM -- Mendengar kata "pantai selatan", hal yang boleh jadi banyak terlintas di benak orang adalah suasana pantai yang ramai, pasir cokelat dan gulungan ombak yang tinggi. Hal serupa juga menjadi pemandangan yang identik dengan Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

Namun, siapa sangka, di area Pantai Pangandaran, terdapat satu kawasan yang memiliki hamparan pasir putih dan air laut jernih dengan tumpukan batu karang di dasarnya. Area yang dinamai Pantai Pasir Putih tersebut terletak tak jauh dari area Pantai Barat Pangandaran, terpisah oleh tebing batu karang.

Ayobandung.com menyambangi Pantai Pasir Putih dengan mengenakan perahu mesin berkapasitas sekitar 8 orang dari area Pantai Barat, Kamis (26/9). Tak sulit menemukan perahu yang bersedia mengantar pengunjung menyebrang atau bahkan mengelilingi area pantai.

Untuk perjalanan pulang-pergi dari Pantai Barat ke Pantai Pasir Putih, pengunjung cukup merogoh kocek senilai Rp25.000. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk tiba di tujuan.

AYO BACA : Pemprov Jabar Berencana Buka Rute Penerbangan Bandung-Pangandaran

Dari kejauhan, terdapat beberapa hal yang menarik dari pantai yang masih termasuk ke dalam kawasan Cagar Alam Laut Pananjung Pangandaran tersebut. Mulai dari pasirnya yang putih karena pecahan batuan koral jutaan tahun lalu, hingga penampakan sebuah kapal besar yang terdampar dengan posisi separuh terbalik.

antarafoto-monumen-kapal-mv-viking-ilegal-fishing-230819-adb-3

Foto udara monumen Kapal MV Viking di Pantai Putih Pangandaran. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Berdasarkan penuturan salah satu petugas polisi hutan (polhut) Pantai Pasir Putih, Kasimin, perahu tersebut adalah perahu asing pelaku illegal fishing yang ditenggelamkan.

AYO BACA : Pemprov Jabar Terus Genjot Kunjungan Wisata ke Pangandaran

"Itu kapal yang mengambil (ikan) dari perbatasan Malaysia, ditenggelamkan kemudian dibawa ke sini. Sebetulnya mau ditenggelamkan untuk jadi rumpon (alat bantu tangkap ikan), tapi terbawa ombak. Jadinya untuk kenang-kenangan saja," ungkapnya. Beberapa warga nampak asyik mengitari bagian luar kapal sembari berfoto.

Area bibir pantainya cukup luas dan bersih untuk digunakan bersantai. Bila ingin bermain air, Anda dapat memilih snorkling di sekitar Pantai Pasir Putih atau bermain banana boat di area Pantai Timur.

Menyusur Gua

Kasimin mengatakan, area di sekitar Pantai Pasir Putih sebenarnya masih menyimpan berbagai objek wisata yang tidak terlalu banyak diketahui orang. Cagar Alam Laut Pananjung Pangandaran yang memiliki luas lebih dari 27 hektar tersebut masih merupakan bagian dari Cagar Alam Pananjung, yang memiliki luas total hingga 470-an hektar.

"Kebanyakan orang hanya melihat Pantai Pasir Putih itu hanya punya wisata air. Yang ada di dalam sini kurang dipromosikan," ungkapnya.

Bila Anda menyempatkan diri untuk berkeliling dari Pantai Pasir Putih, Kasimin mengatakan, ada sejumlah objek wisata gua yang dapat disambangi. Beberapa di antaranya meliputi area Gua Jepang, Gua Panggung, sebuah gua lain yang dianggap 'keramat', Gua Sumur, Gua Lanang, Gua Rengganis, dan lainnya.

"Ada dua jalur trekking yang bisa ditempuh. Di sana juga masih ada hewan seperti rusa dan kera," tuturnya.

AYO BACA : Batu Karas, Pantai yang Menyimpan Sejuta Keindahan

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile