Rabu 01 Oct 2014 17:15 WIB

Kabut Asap di Palangka Raya Makin Parah

Kabut asap. Ilustrasi
Foto: mongabay
Kabut asap. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Kabut asap akibat kebakaran lahan semakin parah sehingga dikeluhkan masyarakat Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, karena sudah sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas rutin mereka.

"Kabut asap sudah sangat parah, nafas terasa sesak dan tenggorokan pun juga terasa sakit saat menelan," kata Jaya, warga Jalan Sultan Badarudin, Kecamatan Jekan Raya, Kelurahan Palangka di Palangka Raya, Rabu (1/10).

Rabu pagi hingga siang hari, kabut asap lebih parah dibanding hari-hari sebelumnya. Pekatnya asap akibat kebakaran lahan yang terjadi di mana-mana sudah membuat masyarakat Kota Cantik Palangka Raya menggunakan masker agar tidak langsung menghirup asap bercampur debu.

Jarak pandang juga mulai makin terbatas antara 100 sampai 200 meter. Sehingga membuat masyarakat baik yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat hingga sepeda bagi anak-anak harus selalu berhati-hati.

Kabut asap cukup pekat terjadi sekitar pukul 05.00-10.00 WIB. Bahkan untuk kawasan luar kota seperti Jalan Tjilik Riwut, Jalan Lingkar Luar, G Obos, Mahir Mahar kabut asap sangat parah mengingat di sekitar kawasan tersebut sebelumnya banyak terjadi kebakaran lahan.

Warga lainya, Intan mengatakan kabut asap akibat kebakaran lahan sudah sangat mengganggu aktivitasnya saat ingin berpergian keluar rumah.

"Saya takut keluar rumah bla tidak menggunakan masker terutama ketika bepergian jauh menggunakan sepeda motor," kata mahasiswa Palangka Raya itu.

Dia juga berharap baik pemerintah kota maupun provinsi bisa segera menurunkan hujan buatan. Sebab Kota Palangka Raya pernah di guyur hujan deras pada Senin (8/9) sore hingga malam hari, dan sempat membersihkan kabut asap.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement