Jumat 03 Oct 2014 18:45 WIB

Jokowi Umumkan Kabinet Usai Pelantikan

Rep: c87/ Red: Bilal Ramadhan
Jokowi dan Jusuf Kalla di Rumah Transisi, Jakarta Pusat, Ahad (28/9) malam WIB.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Jokowi dan Jusuf Kalla di Rumah Transisi, Jakarta Pusat, Ahad (28/9) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) bakal mengumumkan nama-nama yang bakal mengisi kabinet pemerintahan 2014-2019 setelah pelantikan. Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dijadwalkan pada 20 Oktober 2014.

"Ya dipastikan setelah pelantikan," ujar Deputi Tim Transisi, Andi Widjajanto, kepada wartawan, seusai diskusi bertema Refleksi Persoalan HAM Masa Lalu: Solusi Untuk Pemerintahan Jokowi-JK, di Kantor PP GP Ansor Jl Kramat Raya No 65A Jakarta Pusat, Jumat (3/10).

 

Menurutnya, sampai saat ini Jokowi masih melakukan pembahasan kabinet dengan para ketua umum partai pengusungnya. Bahkan, pekan ini dilakukan tiga kali pertemuan untuk memantapkan opsi-opsi terbaiknya. Meski demikian, masih ada 17 hari ke depan untuk memutuskan kabinet Jokowi-JK.

Andi mengaku sudah ada beberapa kementerian yang nama-nama menterinya sudah mengerucut. Namun, ada juga yang masih dalam perdebatan serius dalam pembahasan. Di sisi lain, Jokowi juga sudah memanggil para calon menteri untuk mengikuti fit and proper test.

Pemanggilan itu untuk mengetahui latar belakang, rekam jejak serta paradigma kebijakan para calon menteri. "Kalau memang Pak Jokowi berikan instruksi dipanggil, kami bantu fasilitisasi. Kalau Pak jokowi sudah punya kontaknya langsung dipanggil," imbuhnya.

Jokowi telah mengumumkan komposisi kabinetnya sebanyak 34 kementerian dimana 16 pos akan diisi kalangan profesional parpol. Sedangkan 18 pos akan diisi kalangan profesional nonparpol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement