Kamis 16 Oct 2014 09:57 WIB

Soal Menantu Hendropriyono, Panglima TNI: Itu Pilihan Jokowi

Rep: c75/ Red: Mansyur Faqih
Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Jenderal TNI Moeldoko mengatakan penunjukan Kadispen TNI AD, Brigjen Andika Perkasa sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) merupakan keinginan langsung dari presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi).

"Iya, keinginan langsung (Jokowi)," ujarnya usai apel gabungan pengamanan pelantikan presiden 2014 di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (16/10).

Ia menuturkan sudah berkonsultasi dengan Jokowi yang memintanya memilih menantu mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono itu sebagai danpaspampres. 

"Saya tanya beliau. Bapak Jokowi bagaimana dengan komandan paspampres, apakah bapak punya calon yang telah disiapkan? Beliau menyampaikan, 'Panglima saya sudah memilih Brigjen Andika sebagai danpaspamres'," katanya.

Menurutnya, konsultasi antara panglima dengan presiden merupakan dasar penunjukan Andika sebagai danpaspampres. Selain itu, konsultasi tersebut merupakan tradisi yang dikembangkan oleh TNI. 

"Pada jabatan-jabatan tertentu perlu dikonsultasikan pada presiden," ungkapnya.

Moeldoko mengatakan penunjukan Andika sebagai Danpaspampres merupakan hal yang wajar. Meski pun ia baru mengisi jabatan sebagai kadispen TNI AD.  

Karena untuk angkatan 1987, Andika menjadi orang yang pertama memiliki posisi strategis. Sementara, angkatan 1986 saat ini sudah memiliki dua orang. "Memang selalu ada yang duluan," ungkapnya. 

Namun, Moeldoko enggan menanggapi terkait prestasi yang telah ditorehkan oleh Brigjen Andika Perkasa. "Kok tanya ke saya, itu kan urusan panglima TNI," ungkapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ
Dan di antara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya (niscaya mereka menyesal).

(QS. Al-Baqarah ayat 165)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement