Rabu 12 Nov 2014 16:06 WIB

PM Singapura Minta ASEAN Fokus Tuntaskan Sengketa Laut Cina Selatan

Rep: Gita Amanda/ Red: Indah Wulandari
Laut Cina Selatan
Foto: timegenie.com
Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID,NAYPYITAW--Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong membeberkan bahwa banyak tantangan terbentang bagi negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), terutama terkait perkembangan geopolitik sengketa Laut Cina Selatan.

“Tak hanya masalah sengketa maritim atas Laut Cina Selatan, namun negara-negara anggota juga diharapkan dapat mengintensifkan kerjasama kontraterorisme,”ujar Lee dilansir Channel News Asia, Rabu (12/11).

Lee menambahkan, ada juga potensi eskalasi konflik di Laut Cina Selatan antara Cina, Filipina dan Vietnam. Ia menyambut baik tindakan awal seperti peningkatan komunikasi dan rencana menyusun Kode Etik di Laut Cina Selatan.

Perdana Menteri juga meminta blok regional untuk mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada akhir 2015. Langkah-langkah untuk integrasi telah mencapai 80 persen.

Tak lupa negara anggota ASEAN juga diajaknya merespon masalah Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاۤءَ فَبَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ اَنْ يَّنْكِحْنَ اَزْوَاجَهُنَّ اِذَا تَرَاضَوْا بَيْنَهُمْ بِالْمَعْرُوْفِ ۗ ذٰلِكَ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ مِنْكُمْ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ۗ ذٰلِكُمْ اَزْكٰى لَكُمْ وَاَطْهَرُ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ
Dan apabila kamu menceraikan istri-istri (kamu), lalu sampai idahnya, maka jangan kamu halangi mereka menikah (lagi) dengan calon suaminya, apabila telah terjalin kecocokan di antara mereka dengan cara yang baik. Itulah yang dinasihatkan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Itu lebih suci bagimu dan lebih bersih. Dan Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 232)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement