Jumat 14 Nov 2014 18:18 WIB

Pesawat AS Akui Bom Kelompok Alqaidah

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Gerilyawan Alqaidah (ilustrasi)
Foto: EPA/Intel Center
Gerilyawan Alqaidah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pesawat Amerika kembali serang kelompok militan Suriah. Pada Kamis lalu, kelompok Khorasan dibom Amerika. Pusat Komando Militer Pusat AS mengatakan ini adalah serangan ketiga yang dilakukan pada kelompok cabang Alqaidah.

"Kami mengonfirmasi bahwa pesawat AS menghantam target terkait veteran Alqaidah, hari ini. Mereka disebut kelompok Khorasan yang berencana menyerang AS dan sekutu kita,'' kata juru bicara, Kolonel Patrick Ryder pada AFP, Jumat (14/11).

Ia menolak memberi info lebih lanjut dalam beberapa seri serangan pada kelompok dari AlQaidah dan Front Al Nusra. "Kami akan melanjutkan aksi yang diperlukan untuk menyerang mereka yang melawan AS," kata Ryder.

Kelompok Khorasan sebelumnya diserang dengan pesawat perang AS, pada September dan minggu lalu. Gedung Putih mengatakan mereka juga menyerang kelompok cabang AlQaidah dari Afganistan dan Pakistan yang hendak pergi ke Suriah.

Namun, ahli dan aktifis Suriah meragukan target yang diserang Washington, apakah dari Khorasan atau Front Al Nusra. Sebagian besar kelompok pemberontak di Suriah biasanya akan bekerja sama dengan Al Nusra daripada AlQaidah. Tidak seperti ISIS, Al Nusra fokus pada menggulingkan Presiden Bashar Al Assad dan pejuang Suriah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement