REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Merchandise ternyata bisa menjadi sarana kampanye tentang Palestina sekaligus berdonasi bagi untuk umat Muslim di negara yang berkonflik dengan Israel tersebut.
Konsep itulah yang dipakai Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) di setiap evennya dengan sarana penjualan suvenir tersebut.
“Produk Palestinaku dikonsep memiliki dua dampak secara langsung, yang pertama adalah mengampanyekan isu Palestina dan berdonasi,” jelas Manajer Merchandise KNRP Muhammad Fatkhudin, Selasa (9/12).
Pernak-pernik Palestina, mulai dari gantungan kunci, pakaian, topi, syal rajut, dan lain sebagainya ditawarkan. Supaya mayarakat ikut peduli dan berkontribusi untuk mengampanyekan kemerdekaan Palestina.
Produk Palestinaku, menurut Pipink, panggilan dari Fatkhudin, berpengaruh terhadap donasi. Total omzet di tahun pertama sekitar Rp 1 miliar. Serapan untuk donasi sekitar Rp 400 juta.
“Maka kami memberikan tagline Membeli Berarti Berdonasi,” sebutnya.
Produk Palestinaku berawal dari memproduksi alas kaki, kaos, dan pernak-pernik. Baru ketika program Konser 7 Kota digelar, Palestinaku ini menjadi besar. Berawal dari modal Rp 127 juta sekarang sudah mempunyai aset total Rp 600 juta.
Bahkan produksinya saat ini sudah memasuki pangsa pasar pelajar, mulai dari pengadaan sampul buku, alat tulis dan peralatan keperluan sekolah lainnya.