Rabu 07 Jan 2015 13:09 WIB

Hari Ini Hakim MK Ucapkan Sumpah

Red: Esthi Maharani
Hakim MK Dewa Gede Palguna
Foto: MK
Hakim MK Dewa Gede Palguna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah ada dua nama yang diajukan Panitia Seleksi (Pansel) calon hakim konstitusi, Presiden Joko Widodo memilih I Dewa Gede Palguna sebagai hakim konstitusi baru dari unsur pemerintah menggantikan Hamdan Zoelva yang masa tugasnya berakhir pada Selasa (6/1). Pelantikan hakim baru akan dilakukan pada Rabu (7/1) pada pukul 13.30 di Istana Negara. 

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratiko mengatakan, Keputusan Presiden mengenai penunjukan Palguna sebagai hakim konstitusi di MK telah ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada Selasa (6/1). Selanjutnya, bersama hakim MK dari unsur Mahkamah Agung, yaitu Suhartoyo, Palguna akan diambil sumpah dan janjinya.

“Dua-duanya diambil sumpah dan janjinya pada tanggal 7, tanggal ini persis pada tanggal dulu ketika beliau-beliau yang digantikan ini di SK-kan dan dilantik,” kata Pratikno kepada wartawan di kawasan Istana Presiden, Jakarta, Selasa (6/1).

Mensesneg menyebutkan, selain memperhatikan rekam jejak para calon, Presiden mempertimbangkan kebutuhan MK, dan mencermati kompetensi para calon, integritas, dan independensi.