Selasa 20 Jan 2015 22:59 WIB

Wang Jianlin, Tolak Madrid, Hinggap di Atletico

Rep: c69/ Red: Israr Itah
Wang Jianlin
Foto: REUTERS/Tyrone Siu
Wang Jianlin

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID--Lahir di Provinsi Sichuan China pada 24 Oktober 1954, Wang Jianlin, anak seorang prajurit Tentara Merah mengikuti jejak ayahnya. Ia terdaftar di tentara pada usia 16 tahun. 

Enam belas tahun kemudian, perjalanan hidupnya membawanya menjadi pejabat kota Dalian. Selanjutnya, di akhir 1980-an ia mengakuisisi perkebunan yang tengah bangkrut. Dari situ, anggota Partai Komunis sejak usia 22 tahun ini, mulai membangun kekayaannya. 

Pada 2013, Wang berhasil menjadi orang terkaya di Cina. Total kekayaannya mencapai 9 miliar euro atau setara dengan Rp 130,9 triliun. 

Saat ini, ia berada diperingkat keempat orang terkaya di negara asalnya. Sementara berdasarkan Majalah Forbes, Jianlin menempati peringkat ke-42 orang terkaya di dunia. Kekayaannya diperkirakan mencapai 15,6 miliar Euro, atau setara dengan Rp 226.9 triliun.

Melalui perusahaannya, Dalian Wanda Group, ia kini memiliki 166 pusat perbelanjaan, 57 hotel bintang lima. Selain itu ia juga menjadi pemilik terbesar bioskop dan taman hiburan.

Selain bioskop, gairah hidupnya terletak pada sepak bola. Ia membeli perusahaan American AMC Theatres. Perusahaan itu diubahnya menjadi grup terbesar di dunia dengan 527 bioskop dan 6.247 layar. Di Cina, ia bahkan punya rencana untuk membangun pusat sinema terbesar melebihi Hollywood.

Sementara di sepak bola, bersama Xi Jinping, temannya yang juga Presiden Republik Cina itu, mereka memutuskan untuk meningkatkan sepak bola negaranya. Itu dilakukan menggunakan uang miliknya sendiri. Dalam usahanya, Wang merekrut Jose Antonio Camacho sebagai pelatih timnas Cina pada 2011.

Pengusaha yang berpergian dengan pesawat pribadi dan berlayar dengan yacht yang digunakan James Bond dalam film Casino Royale itu menghabiskan empat hari di Spanyol. Di sana ia makan ham dan pergi ke acara pertunjukkan tari Flamenco.

Selama di Madrid ia melakukan pertemuan dengan para penggiat sepak bola. Ia makan malam di Theatre Royal dengan Presiden Atletico Madrid, Enrique Carezo dan Ignacio Gonzalez. Setelah itu, ia pergi ke gedung Edificio Espana (pencakar langit dengan tinggi 117 meter). 

"Saya akan membelinya," ujar Wang begitu ia merasa menyukai bangunan itu, dikutip AS.

Kemudian tanpa segan, ia pun membayarnya dengan 265 juta Euro untuk itu atau setara dengan Rp 3,8 triliun. 

Todak hanya itu. Ia juga makan malam bersama Walikota Madrid, Ana Botella dan Presiden Real Madird, Florentino Perez. Bahkan dalam kesempatan itu, Perez juga mencoba menawarinya kesempatan untuk membeli hak penamaan Santiago Bernabeu, Stadion Real Madrid. Namun, Perez tidak berhasil.

Jianlin sudah jatuh hati kepada Atletico. Sekarang, 20 persen saham Los Rojiblancos sudah menjadi miliknya.

 

 

 

 

 

 

 

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 9 8 0 1 28 19 24
2 Real Madrid Real Madrid 9 6 3 0 19 13 21
3 Atletico Madrid Atletico Madrid 9 4 5 0 13 8 17
4 Villarreal Villarreal 9 5 2 2 17 0 17
5 Osasuna Osasuna 9 4 3 2 13 -1 15
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement