Jumat 17 Apr 2015 18:25 WIB

Tak Mengerti Sistem Online, Calon Penumpang Menunggu Tiket Cancel

Rep: C25/ Red: Indira Rezkisari
Perubahan Jadwal dan Tarif KA: Calon penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (1/4). (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Perubahan Jadwal dan Tarif KA: Calon penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (1/4). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa calon penumpang yang ingin membeli tiket mudik, harus menunggu tiket yang dibatalkan lantaran tidak mengerti sistem online.

Pembelian tiket kereta api jarak jauh yang saat ini sudah bisa dibeli dengan menggunakan sistem online, rupanya tidak menyentuh seluruh lapisan masyarakat di DKI Jakarta. Sejumlah orang yang ingin membeli tiket untuk mudik dan tidak mengerti sistem pembelian secara online, rela datang ke Stasiun Pasar Senen hanya untuk menunggu tiket-tiket yang dibatalkan penumpang lain.

Salah satu calon penumpang, Margono (48), yang ditemui pada Jumat (17/4) siang di loket penjualan tiket Stasiun Pasar Senen, mengatakan kalau dirinya tidak mengerti pembelian tiket kereta melalui sistem online. Margono yang sangat ingin menghabiskan lebaran di kampungnya di Madiun hingga hari ini belum mendapatkan tiket dan datang untuk menunggu tiket dari penumpang lain yang di cancel. "Nunggu yang cancel saja soalnya habis kata pak satpam," kata dia.

Tidak berbeda jauh dengan Margono, calon penumpang lain, Indra (42), juga datang ke Stasiun Pasar Senen untuk membeli tiket kereta H-1. Indra yang tidak mengerti sistem pembelian tiket secara online, khawatir tidak bisa menghabiskan Hari Raya Idul Fitri di kampungnya Malang, lantaran mendengar kabar kalau tiket kereta H-1 sudah ludes terjual. "Tak tau dapat apa enggak katanya sih habis," ujarnya.

Menurut pantauan di lapangan, memang masih sangat banyak masyarakat yang terlihat bingung, bahkan untuk menukarkan lembaran reservasi dengan tiket. Pembelian tiket secara online, nyatanya belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat karena tidak semua masyarakat Jakarta melek teknologi dan informasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement