Kamis 23 Apr 2015 10:34 WIB

Bubuk ini Bisa Bunuh Kuman dan Bakteri Mematikan

Rep: c93/ Red: Dwi Murdaningsih
 Warga mengisi jerigen nya dengan air bersih. (ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Warga mengisi jerigen nya dengan air bersih. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Procter & Gamble (P&G) merayakan kampanye CSR selama lebih dari 10 tahun membantu menyediakan air bersih saat bencana alam. Perayaan ini sekaligus mengumumkan P&G menyumbang lebih dari 68 juta liter air minum bersih melalui program P&G Children’s Safe Drinking Water (CSDW) di Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia.

Bekerjasama dengan ChildFund Indonesia (CFI), Program P&G CSDW akan membantu memberikan akses air minum bersih untuk meningkatkan kualitas kehidupan lebih dari 8 ribu keluarga di 8 desa untuk periode 3 tahun. "Donasi air bersih melalui P&G Purifier of Water atau bubuk dengan teknologi pemurnian air dalam bentuk sachet yang dikembangkan oleh para ilmuwan P&G bersama dengan U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC)," ungkap P&G Indonesia Corporate Communications Director Nararya S. Soeprapto.

Bubuk teknologi ini dapat membunuh virus dan bakteri yang mematikan serta menghilangkan kotoran, parasit dan polutan lainnya. Serbuk tersebut juga membuat 10 liter air yang terkontaminasi menjadi air bersih dan dapat diminum hanya dalam waktu 30 menit.

Teknologi dalam sachet ini dapat digunakan dimana saja di dunia, termasuk daerah-daerah yang terkena bencana alam atau daerah dengan akses air minum bersih yang terbatas. Ia memaparkan, program tersebut dijalankan lantaran akses air bersih merupakan salah satu tantangan terbesar yang masih dihadapi Indonesia. Partisipasi ini diharapkan bisa membantu mengurangi krisis air bersih khususnya bagi masyarakat yang bersentuhan langsung dengan wilayah operasi P&G.

P&G juga bekerja dengan masyarakat, LSM dan mitra swasta untuk mendistribusikan sachet P&G dengan biaya subsidi untuk memenuhi kebutuhan air bersih di seluruh dunia. P&G Children’s Safe Drinking Water Program Leader, Allison Tummon mengklaim, selama lebih dari 10 tahun terakhir Program P&G CSDW telah menghadirkan lebih dari 8 milyar liter air minum bersih untuk masyarakat di 75 negara berkembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement