Senin 05 Oct 2015 12:21 WIB

Pansel Ombudsman Loloskan 36 Calon Komisioner

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Ombudsman
Foto: Tahta Aidila/Republika
Ombudsman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Panitia Seleksi (pansel) Ombudsman RI, Agus Dwiyanto, mengatakan sebanyak 36 dari 72 calon komisioner Ombudsman telah dinyatakan lolos seleksi.

"Sebagaimana yang pernah kita sampaikan kita punya 72 calon anggota dan pansel sudah melakukan profil asessment melibatkan tim asesor independen, dan dari asesement yang kita lakukan, pansel sudah memutuskan ada 36 calon yang dinyatakan lulus," kata Agus saat melakukan konferensi pers di Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (5/10).

Dari ke-36 calon anggota Ombudsman tersebut, enam diantaranya merupakan perempuan. Sedangkan, mayoritas calon anggota yang lolos merupakan para akademisi yang sebanyak 13 orang.

"Anggota dan juga keluarga besar Ombudsman ada 6 orang, PNS TNI Polri 8 orang, akademisi 13 orang, praktisi ada 2, dll 7 orang. Diliat dari tingkat pendidikan S1 ada 5, S2 ada 20, dan S3 ada 8 orang, dan memiliki guru besar 3 orang," kata Agus.

Selanjutnya, pansel Ombudsman akan melaksanakan seleksi kesehatan dan wawancara 27-30 Oktober mendatang. Agus mengatakan dalam menyeleksi calon anggota Ombudsman, pansel juga mendapatkan informasi dari berbagai pihak, seperti PPATK, KPK, BIN, Kejaksaan, serta Kepolisian guna melakukan penelusuran rekam jejak para calon.

Sementara itu, anggota pansel Ombudsman Agus Pambagio mengatakan selanjutnya pansel akan kembali menyeleksi ke-36 calon anggota menjadi 18 orang.

"Dari 36 orang ini jadi 18 yang akan kita kirim ke Presiden, ini hasil profile asesement tapi tidak mutlak," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement