Rabu 14 Oct 2015 10:52 WIB

Rumah Tosan Dijaga Pengamanan Berlapis

Rep: Andi Nurroni/ Red: Esthi Maharani
Warga yang tergabung dalam Solidaritas Aktivis Anti Kekerasan menggelar teatrikal penganiayaan dan pembunuhan aktivis lingkungan Salim 'Kancil' dan Tosan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (2/10).   (Antara/Zabur Karuru)
Warga yang tergabung dalam Solidaritas Aktivis Anti Kekerasan menggelar teatrikal penganiayaan dan pembunuhan aktivis lingkungan Salim 'Kancil' dan Tosan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (2/10). (Antara/Zabur Karuru)

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Polisi tidak ingin kecolongan lagi mengamankan Desa Selok Awar-Awar, Lumajang. Setelah kasus pembunuhan sadis terhadap petani penolak tambang, Salim Kancil, polisi kini terus menjaga Tosan, rekan Salim Kancil, yang juga menjadi korban kekerasan.

Setelah dirawat 19 hari di rumah sakit, mulai Selasa (13/10), Tosan kembali ke rumahnya di Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian. Di rumah Tosan, setelah kejadian penganiayaan terhadapnya, aparat kepolisian terus berjaga. Setelah Tosan pulang, penjagaan dilakukan berlapis.

"Pengamanan kami lakukan terbuka dan tertutup. Jumlahnya (personel) tentu tidak bisa kami sebutkan," ujar Kapolsek Pasirian AKP Eko Hari.

Menurut Eko, sebagaimana permintaan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), pengamanan akan terus dilakukan sampai sidang perkara penambangan pasir ilegal, pembunuhan dan penganiayaan di Desa Selok Awar-Awar berakhir.

"Minimal tiga bulan," ujar Eko.

Selain pengamanan langsung terhadap Tosan, menurut Eko, petugasnya juga aktif memantau situasi keamanan desa. Kepolisian, kata Eko, saat ini terus mewaspadai segala potensi ancaman.

Rabu (14/10), sejak pagi, rumah Tosan ramai mendapat kunjungan. Tosan sendiri duduk di kursi menerima para tamu di halaman rumahnya. Sesekali, pria kurus itu bangkit dan berjalan menyalami beberapa orang.

Para tamu yang didominasi rekan-rekan Tosan dan warga desa duduk melingkar beralas karpet. Sementara, para ibu menemani istri Tosan, Any, di dalam rumah. Selain aparat kepolisian, rumah Tosan juga dijaga petugas Satpol PP.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement