Senin 09 Nov 2015 09:58 WIB

Anda Tahu Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM)?

Red: Taufik Rachman
Car Free Day menjadi salah satu ajang edukasi Badan POM kepada publik
Car Free Day menjadi salah satu ajang edukasi Badan POM kepada publik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertanyaan sederhana itu terlontar dari mulut Kepala Badan POM, Roy Sparringa, yang disambut dengan acungan tangan dan teriakan "tahuuuuu" dari sebagian masyarakat pengunjung di area panggung utama Car Free Day, Ahad, 1 Februari 2015.

 "Apa itu Badan POM?", Roy bertanya lebih lanjut. "Yang mengurusi Obat dan Makanan Pak", jawab salah seorang ibu. "Betul Bu, kami Badan POM, ditugaskan untuk mengawasi produk Obat dan Makanan yang beredar di masyarakat, termasuk jamu, kosmetik dan suplemen kesehatan", jelas Roy.

Bersama dengan masyarakat luas pengunjung area "Car Free Day", Badan POM berbagi pengetahuan tentang Obat dan Makanan melalui dialog interaktif. Semua itu dilakukan untuk mengedukasi masyarakat agar menjadi konsumen cerdas sehingga terhindar dari Obat dan Makanan yang berbahaya.

Sebelum dialog interaktif, acara dimulai dengan jalan sehat dan senam pagi bersama. Semangat para pengunjung area "Car Free Day", baik Staf Badan POM maupun masyarakat luas terbukti dengan tetap dilakukannya jalan sehat dan senam pagi bersama, meskipun hujan rintik tak kunjung henti.

Bahkan pada saat dialog, pertanyaan tetap mengalir dari mulut para pengunjung area "Car Free Day", meskipun hujan deras mengguyur. Semua itu bukti keinginan masyarakat menjadi "Konsumen Cerdas".

Hujan deras yang turun di Jakarta, Ahad (1/2/2015) tidak melunturkan semangat Kepala Badan POM, Roy Sparringa dan seluruh warga Badan POM untuk menyambangi Car Free Day (CFD) di Jalan MH. Thamrin dan sekitarnya. Sejak pukul 05.00 WIB, panitia dan para peserta jalan sehat yang terdiri dari pejabat, karyawan, dan masyarakat mulai berdatangan dan berkumpul di titik pertemuan.

Jalan sehat merupakan agenda pertama dalam kegiatan ini dengan rute Teluk Betung-Sarinah-kembali ke Teluk Betung dilalui oleh para peserta  dengan berjalan kaki, namun ada juga beberapa peserta yang menggunakan sepeda. Tak lupa para peserta menyebarkan pesan kepada para masyarakat disekitar dengan membawa spanduk bertuliskan "Inovasi Badan POM Untuk Melayani Anda".

Acara kemudian dilanjutkan dengan senam pagi bersama. Di tengah rintik hujan, Roy tetap mengikuti arahan instruktur senam dengan bersemangat. Semangat ini menular kepada ratusan peserta lainnya. Setelah selesai senam, dilakukan dialog interaktif dengan para pengunjung CFD yang berkumpul di depan panggung. Bertindak sebagai narasumber Kepala Badan POM dan seluruh pejabat eselon 1 di lingkungan Badan POM.

Dalam kesempatan ini, Roy menyampaikan beberapa hal terkait pengawasan Obat dan Makanan yang dilakukan oleh Badan POM, tak lupa mengenai isu-isu yang sedang meresahkan masyarakat saat ini seperti isu apel impor terkontaminasi bakteri, dan lain lain.

Diharapkan masyarakat tidak perlu resah terhadap isu tersebut dan  bisa melakukan beberapa langkah pencegahan seperti yang sudah diumumkan melalui siaran pers Badan POM. Antusiasme masyarakat yang tinggi dibuktikan dengan serbuan pertanyaan di tengah-tengah hujan yang semakin deras.

Di akhir acara, Roy menegaskan bahwa Badan POM siap melindungi masyarakat dari Obat dan Makanan yang berisiko terhadap kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement