Saturday, 28 Safar 1444 / 24 September 2022

Saturday, 28 Safar 1444 / 24 September 2022

28 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Peringatan! Roti Panggang Dan Kentang Bisa Sebabkan Kerusakan Hati

Jumat 04 Dec 2015 01:10 WIB

Rep: C01/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Roti yang dipanggang hingga menghitam mengandung zat kimia penyebab kanker yang tinggi.

Roti yang dipanggang hingga menghitam mengandung zat kimia penyebab kanker yang tinggi.

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini, konsumsi alkohol berlebih dianggap sebagai penyebab terbesar pada kerusakan hati. Akan tetapi dokter dari Southport menemukan bahwa selain alkohol, gula dan makanan bertepung juga dapat menyebabkan kerusakan hati jika dikonsumsi berlebih.

Dokter dari Southport, David Unwin, mengatakan kedua macam makanan tersebut dapat dengan cepat berubah menjadi glukosa dalam tubuh. Ketika glukosa masuk ke dalam tubuh, lanjut David, bagian tubuh pertama yang bertugas untuk menyimpan glukosa tersebut adalah hati.

Unwin mengatakan, glukosa yang tidak tertampung pada hati akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Karena itu, kunci dalam mengurangi risiko kerusakan hati selain menghindari alkohol ialah dengan melakukan diet rendah karbohidrat.

Unwin mulai menyadari bahwa gula dan tepung dapat menyebabkan kerusakan hati setelah ada cukup banyak pasiennya yang memiliki kadar gamma-glutamyl transpeptidase (GGT) tinggi tapi hanya sedikit mengonsumsi alkohol, bahkan tidak sama sekali. Unwin kemudian meminta 69 pasiennya yang memiliki kadar GGT sangat tinggi untuk menjalani diet rendah karbohidrat selama 13 bulan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile