Jumat 25 Dec 2015 06:10 WIB

Destinasi Halal Terbaik Hingga Pariwisata Rahmatan Lil Alamin

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pantai Senggigi, Lombok, salah satu andalan pariwisata NTB.
Foto:
Hotel Sofyan Betawi

Siapa yang menyangka Indonesia, terutama Lombok dan Hotel Sofyan Betawi berhasil meraih penghargaan besar di ajang World Halal Travel Awards 2015. Indonesia menjadi satu-satunya negara yang mampu menumbangkan hegemoni gemerlap Uni Emirat Arab, Turki dan penguasa industri pariwisata syariah, Malaysia.

Lombok dinobatkan sebagai World Halal Tourism Destination dan World Halal Honeymoon Destination. Sementara, Hotel Sofyan Betawi menyingkirkan Gloria Hotel Dubai dan Landmark Hotel Dubai sebagai World's Best Family Friendly Hotel.

Bagi Republika raihan ini begitu luar biasa, karena berdasarkan Crescentrating Halal Friendly Travel di 2014, Indonesia hanya berada di peringkat keempat untuk negara anggota OKI. Sementara peringkat pertama di duduki Malaysia, kemudian Uni Emirat Arab dan Turki.

Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin, di bulan Oktober tahun ini menyatakan, pascapenghargaan, pemerintah daerah berupaya meningkatkan daya saing Lombok di tengah industri pariwisata halal global dengan pembahan destinasi, fasilitas bandara dan resort, juga kebersihan dan keamanan. Makanan halal dan hotel yang dilengkapi fasilitas ibadah juga tak luput dari perhatian.

''NTB sadar potensi yang dimiliki. Karena itu kami menyiapkan paket-paket wisata. Juga pembenahan regulasi. Masih banyak yang harus dilakukan,'' kata Amin di Kantor Kementerian Pariwisata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement