Selasa 05 Jan 2016 20:19 WIB

Iklan Kampanye Pertama Trump Kembali Menyerang Muslim

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham
Donald Trump
Foto:
Donald Trump

Dalam siaran pengumuman iklannya, Trump mengatakan kampanyenya yang telah menghabiskan 35 juta dolar AS masih di bawah anggaran. Ia mengaku tidak yakin harus menghabiskan uang untuk iklan di televisi. "Tapi saya tidak ingin melewatkan kesempatan," katanya.

Trump telah menghabiskan 300 ribu dolar AS untuk memasang iklan kampanye di tiga radio musim gugur lalu. Dan kampanye televisinya akan menyedot sekitar dua juta dolar AS dalam sepekan menyusul pemungutan suara awal di negara bagian Iowa dan New Hampshire.

Meski demikian, tidak jelas berapa tepatnya dana yang ia keluarkan atau setiap waktu yang ia bayar untuk mengudarakan pemikiran kontroversialnya. Yang jelas, iklan itu telah membuatnya jadi cerita utama dalam media politik dengan imbas gelombang popularitas.

Kampanyenya pada Washington Post pada Senin kemarin telah melahirkan 1.300 artikel 'gratis' tentang dirinya. Termasuk kemunculannya dalam setiap rekaman kampanye. Ia lebih memilih muncul sambil berdiri daripada duduk seperti gaya kandidat lain.

"Saya tidak suka duduk dan diambil gambarnya untuk iklan karena saya rasa anda tidak menangkap energi yang sama saat acara," katanya.

Jika Trump benar membeli lapak iklan hingga total dua juta per pekan, ini hanya akan membawanya sejajar dengan kandidat lain. Senator Texas Ted Cruz mengumumkan pengeluaran iklan sebanyak empat juta dolar AS dalam beberapa pekan ke depan, sementara Gubernur Florida Jeb Bush membayar 19 juta dolar untuk jam terbang antara sekarang hingga Februari.

Tim Bush telah menghabiskan lebih dari 41 juta dolar dalam iklan televisi. Meski demikian, popularitasnya masih di bawah Trump.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement