Jumat 15 Jan 2016 06:35 WIB

Lansia 70 Tahun Ciptakan Ratusan Patung Raksasa dari Kunci Pas

Red: Ani Nursalikah
Patung kuda dan penunggang raksasa dari kunci pas karya John Piccoli di pajang di bengkelnya di Boort, Victoria.
Foto: abc
Patung kuda dan penunggang raksasa dari kunci pas karya John Piccoli di pajang di bengkelnya di Boort, Victoria.

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA -- Lumpuh karena polio tidak menyurutkan semangat untuk berkarya dari seorang lwarga Australia di Victoria. Sebaliknya keterbatasannya tersebut mendorongnya menciptakan ratusan karya seni patung unik yang tidak biasa karena terbuat dari kunci pas.

Tiga jam berkendara dari Kota Melbourne, terdapat sebuah komunitas petani Boort,  di area inilah Anda bisa menjumpai seniman paling nyentrik di dunia.

John Piccoli (70 tahun) membuat ratusan patung raksasa dari kunci pas yang dilas. Hasil karya spektakulernya tersebut membuat Ia mendapat julukan baru yakni  Spanner Man alias 'Manusia Kunci Pas".

Kebunnya dipenuhi dengan puluhan patung yang memiliki ukuran jauh lebih besar dari ukuran sebenarnya mulai dari patung putri duyung, ikan marlin, kuda hingga  gerobak.

Semua karya unik ini berawal dari ketika Picolli menjual seluruh aset pertanian campurannya yang sudah dikelolanya selama 3 dekade dari atas kursi rodanya.

"Saya menderita polio pada tahun 1949. Jadi saya memang tumbuh besar dengan keterbatasan fisik seperti sekarang ini. Begitu saya menjual tanah pertanian saya, saya jadi kehilangan aktivitas rutin sehingga perlu mengisi kekosongan waktu," katanya.

"Dan saya mendapati ada banyak kunci pas di dalam kotak perkakas dan saya menjadi punya ide untuk membuat sesuatu dari kunci-kunci pas tersebut dari situlah semua karya Saya ini bermula," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement