Senin 29 Feb 2016 19:58 WIB

Enam Bayi Surabaya Lahir di Tahun Kabisat

Red: Esthi Maharani
Perawat melakukan perawatan bayi yang baru lahir bertepatan dengan tahun kabisat, Senin (29/2).
Foto: Antara/Syaiful Arif
Perawat melakukan perawatan bayi yang baru lahir bertepatan dengan tahun kabisat, Senin (29/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak enam bayi di beberapa rumah sakit di Surabaya, lahir pada tahun kabisat yang hanya terjadi sekali dalam empat tahun pada 29 Februari 2016. Informasi yang dihimpun, total bayi yang lahir di tahun kabisat ada enam jiwa, yaitu di RSUD dr Soetomo sebanyak dua bayi, RS Lombok 22 sebanyak tiga bayi, dan RS Ibu dan Anak (RSIA) Putri sebanyak satu bayi.

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU dr Soetomo, dr Urip Murtedjo SpB-KL, mengatakan dua di antara bayi yang lahir di RSUD Dr Soetomo tersebut berjenis kelamin perempuan. Kedua bayi tersebut anak dari pasangan Ny Ayu (37) asal Panjang Jiwo Baru No 2 Surabaya dan Ny Runtik Indah Wati (38) asal Jabon, Sidoarjo.

"Ada dua bayi lahir tepat di tahun kabisat dengan persalinan normal dan operasi caesar, namun kedua bayi masih dirawat di rumah sakit dan dimasukkan ke dalam inkubator, karena ketika lahir berat badan bayi terlalu kecil," katanya, Senin (29/2).

Ia mengatakan berat badan bayi pasangan Ny Ayu yang lahir pukul 02.58 dengan proses normal pada usia tujuh bulan tersebut hanya memiliki berat 850 gram dan panjang 34 cm, sedangkan berat badan bayi Ny Runtik 2.800 gram dan panjang 47cm yang dilahirkan secara caesar pada pukul 01.10.