Kamis 21 Apr 2016 21:00 WIB

Ratusan Kepiting Hasil Razia Dilepas

Red: Yudha Manggala P Putra
 Kepiting hasil tangkapan jaring, di Pantai Apra, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Kamis (24/3).  (Republika/Edi Yusuf)
Kepiting hasil tangkapan jaring, di Pantai Apra, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Kamis (24/3). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Balai Karantina Kalimantan Selatan kembali melepas ratusan kepiting dan rajungan hasil razia tim gabungan saat akan dikirim di terminal cargo Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin tujuan Jakarta dan Batam.

Penyidik Balai Karantina dan Pengendalian Mutu Keamanan Hasil Perikanan (KIMP) kelas II Banjarmasin, Ichi Langlang Buana Machmud di Banjarmasin Kamis (21/4) mengatakan, ratusan kepiting yang dilepas tersebut merupakan kepiting yang sedang bertelur.

Menurut dia, upaya penyelamatan dan pelestarian terhadap sumber daya perairan dan kelautan di Kalimantan Selatan terus dilakukan.

Ratusan kepiting yang bertelur tersebut, berhasil digagalkan pengirimannya di Bandara Syamsudin Noor saat akan dikirim Jakarta dan Batam. Kepiting dan rajungan tersebut, dinilai belum layak untuk diperdagangkan, karena ukurannya masih berada di bawah standar ukuran yang ditetapkan.