Ahad 24 Apr 2016 13:19 WIB

FSRU Lampung Terima Kargo Kedua LNG dari Kilang Tangguh

Rep: M Nursyamsi/ Red: Maman Sudiaman
Fasilitas Floting Storage and Regasification (FSRU) Lampung
Foto: Ist
Fasilitas Floting Storage and Regasification (FSRU) Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fasilitas Floating Storage and Regasification (FSRU) Lampung kembali menerima kargo LNG (Liquefied Natural Gas/gas bumi cair) yang berasal dari Kilang LNG Tangguh, Papua.

PT PGN LNG Indonesia adalah anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) yang mengelola FSRU Lampung. Untuk pengiriman tahun ini, kargo pertama telah datang pada 2 April 2016 lalu.

"Ini kargo LNG kedua yang diterima FSRU Lampung dari total 1,1 juta meter kubik LNG yang berasal dari Tangguh pada tahun ini," kata Direktur Utama PT PGN LNG Indonesia, Mugiono dalam rilisnya yang diterima Republika.co.id,  Ahad (24/4).

Setelah berlayar hampir sepekan dari Papua, kapal pembawa LNG yang mengangkut satu kargo LNG (sekitar 137.700 meter kubik) merapat ke FSRU Lampung. Lokasinya di laut, sekitar 21 kilometer dari tepi pantai Labuan Maringgai Lampung, Ahad (24/4) untuk selanjutnya melakukan proses bongkar muat atau ship to ship transfer (STS).

"Sementara ini juga sedang berlangsung negosiasi untuk mendapatkan kargo tambahan dari sumber lain," kata Mugiono.

LNG dari FSRU Lampung tersebut akan memperkuat pasokan gas bumi PGN khususnya untuk pelanggan di Jawa Bagian Barat dan Sumatera Bagian Selatan.

Sebelum disalurkan, LNG tersebut melalui proses regasifikasi (mengubah dalam bentuk cair menjadi gas). Dari FSRU Lampung, gas tersebut mengalir melalui pipa bawah laut menuju ke stasiun penerima di Labuan Maringgai yang terhubung dengan pipa South Sumatera West Java (SSWJ) sehingga gas tersebut dapat didistribusikan ke pelanggan PGN di Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement