Ahad 05 Jun 2016 01:12 WIB

Pasokan Berlimpah, Cile Bagikan Tenaga Surya Secar Gratis

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Bayu Hermawan
Listrik tenaga surya
Foto: VOA
Listrik tenaga surya

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Republik Cile  di Amerika Selatan mendapat sinar matahari melimpah untuk memproduksi tenaga surya dalam jumlah besar.

Masyarakat di beberapa bagian negara pengembang energi berkelanjutan alias green power itu bahkan bisa mendapatkannya secara gratis.

Kelebihan pasokan dalam jumlah besar membuat konsumen tidak perlu membayar sepeser pun untuk daya rumah. Harga tenaga surya yang turun ke nominal nol selama 113 hari dalam setahun, mengarah pada listrik cuma-cuma.

Panel solar utama Cile yang menghasilkan tenaga surya berada di Atacama Desert. Jaringan sentral itu memproduksi listrik empat kali lebih banyak daripada tiga tahun yang lalu, yang didapatkan dari 29 solar farm.

Sayangnya, tidak semua penduduk merasakan manfaat tersebut. Sejumlah konsumen jaringan listrik di bagian utara Cile malah membayar tarif listrik lebih tinggi dari harga normal.

Salvatore Bernabei, kepala operasi Enel Green Power SpA di Chili mengatakan bahwa pihaknya tengah memperbaiki distribusi yang belum merata itu. Proyek pengerjaan membangun jalur transmisi 3.000 km baru antara dua jaringan listrik dijadwalkan berlangsung tahun depan.

"Pesatnya perkembangan energi terbarukan adalah kejutan dan sekarang kami harus bereaksi cepat," ujar Bernabei seperti dikutip dari Metro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement