Kamis 11 Aug 2016 02:21 WIB

Pembangunan Fasilitas Bandara Betoambari Capai 75 Persen

Red: Hazliansyah
Proyek perpanjangan landasan udara
Foto: Antara/Zabur Karuru
Proyek perpanjangan landasan udara

REPUBLIKA.CO.ID, BAUBAU -- Pembangunan berbagai fasilitas Bandara Betoambari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini telah mencapai 75 persen dari target kontrak harus dirampungkan sampai Desember 2016.

Kepala Bandara Betoambari Kota Baubau Agus Sugeng Widodo di Baubau, Rabu mengatakan pembangunan sarana seperti penyempurnaan strip atau solder landasan, gudang kargo, pengerjaan taman dan pagar, lampu solar cell, dan tanda untuk ruang keberangkatan, kini tengah digenjot.

"Seluruh proyek pekerjaan fisik yang dilakukan itu rata-rata telah mencapai sekitar 75 persen, dan Insya Allah kita targetkan bulan Oktober nanti sudah selesai," ujarnya.

Ia mengatakan, proyek yang cukup besar dikerjakan yakni penyempurnaan strip atau solder landasan sebesar Rp3 8 miliar karena tanah timbunan sekitar 300 ribu meter kubik.

Menurut dia, pihak pelaksana kontraktor yang sedianya diminta menyiapkan 30 unit truk, tetapi kenyataannya bisa menyiapkan 130 unit truk, termasuk peralatan besar seperti breaker, ekskavator dan doser, sehingga bisa mendukung proses percepatan pembangunan, khususnya solder landasan, yang saat ini telah mencapai 85 persen.

Agus menambahkan, pengerjaan gudang kargo juga telah mencapai 95 persen dan kini tinggal menunggu pemasangan pintu yang sudah dipesan sebelumnya. Begitu pula pembangunan taman dan pagar bandara telah mencapai 95 persen.

Selain itu juga, lanjut dia, pengadaan peralatan bengkel juga hampir rampung, sehingga bisa digunakan untuk melakukan perbaikan teknis yang ada di bandara itu.

"Pekerjaan lampu solar cell juga hampir selesai, dan kalau pengguna jasa ke bandara sekarang ini sudah terang benderang," ujarnya.

Agus mengatakan, khusus pekerjaan grafig saint atau tanda untuk ruang keberangkatan juga sudah dipesan dan diperkirakan pada Agustus 2016 bisa langsung dipasang, sehingga penumpang lebih mudah mencari informasi tentang bandara Betoambari.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement