Ahad 14 Aug 2016 00:48 WIB

Nasib Ahok di Tangan Partai Politik Pengusungnya

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Indira Rezkisari
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Foto: Foto : Mgrol_76
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Univeristas Paramadina Hendri Satrio berpendapat, saat ini Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Poernama (Ahok), tidak bisa bersikap seenaknya terhadap partai politik. Terlebih, setelah Ahok menyatakan untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2017 melalui partai politik.

"Ahok tidak ideal lagi petantang-petenteng. Ada satu parpol saja menarik dukungan, bisa tidak jadi maju," kata Hendri dalam diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (13/8).

Seperti diketahui, hingga saat ini sudah ada tiga partai politik yang menyatakan dukungannya ke Ahok, yakni Nasdem, Hanura, dan Golkar. Namun begitu, menurutnya dukungan partai-partai tersebut harus disikapi dengan bijak oleh Ahok dalam menentukan siapa yang akan mendampinginya di Pilgub DKI 2017.

Pasalnya, bisa jadi ketiga parpol tersebut mengajukan nama calon wakil gubernur yang bisa mendampingi Ahok. Jika nama yang dipilih Ahok tidak sesuai dengan salah satu partai pendukung, bukan tidak mungkin ada yang mencabut dukungannya.

Jika itu terjadi, Ahok akan menemui hambatan untuk kembali mendusuki kursi DKI satu. "Misalnya Golkar mengajukan Nusron Wahid, Hanura ajukan Yuddy Chrisnandy. Ada tekanan harus ambil calon, makanya Ahok butuh tambahan partai," terang Hendri.

Hambatan lain yang bisa ditemui Ahok adalah karena pernah mencampakkan Gerindra dengan alasan berbeda baham. Sikap Ahok tersebut menurutnya tidak mungkin dilupakan partai politik. Apalagi, jika parpol memiliki kader lain yang dirasa bisa dimajukan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement