Rabu 28 Sep 2016 15:24 WIB

Talud di Sungai Winongo Yogya Ambrol

Rep: Yulianingsih/ Red: Nur Aini
Tanggul jebol (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Tanggul jebol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Hujan deras yang mengguyur Kota Yogyakarta sejak Selasa hingga Rabu (28/9) pagi menyebabkan satu titik tanggul sungai atau talud Winongo di Ngadimulyo, RT 04 RW 03 Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta ambrol. Talud sepanjang tujuh meter denggan ketinggian dua meter tersebut longsor ke bawah sektar pukuil 04.30 WIB, Rabu pagi. Akibat kejadian tersebut satu keluarga yang rumahnya berdekatan dengan talud mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Agus Winarta mengatakan, pihaknya sudah melakukan mengecekan ke lokasi. "Tidak ada korban jiwa, memang dekat dengan pemukiman tetapi sudah di evakuasi," ujarnya.

Menurut Agus, pihaknya akan dikoordinasikan dengan dinas terkait untuk perbaikan talud tersebut. Selain talud ambrol, hujan deras seharian juga menyebabkan satu pohon tumbang di Kampung Pingit RT 08, RW 03 Kelurahan Bumijo, Jetis tumbang. Pohon mangga dengan diameter 80 centimeter menimpa rumah warga mengakibatkan sebagian rumah rusak.

BPBD menghimbau warga untuk waspada angin kencang, banjr dan longsor karena intensitas huja yang tinggi.