Jumat 04 Nov 2016 13:59 WIB

Warga Ketakutan, Gajah Jambi Masuk Perkebunan Masyarakat Riau

Red: Agus Yulianto
 Kawanan gajah liar memasuki kawasan perkebunan kelapa sawit
Kawanan gajah liar memasuki kawasan perkebunan kelapa sawit

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Seekor gajah jantan dewasa berusia sekitar 15 tahun asal Provinsi Jambi memasuki areal perkebunan masyarakat di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Saat ini, gajah tersebut masih di perkebunan sawit masyarakat.

"Namun petugas terus mengawal agar tidak masuk pemukiman," kata Kepala Bidang Wilayah I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Munarto di Pekanbaru, Jumat (4/11).

Sejauh ini, Munarto mengatakan, gajah tersebut tidak menyebabkan kerusakan pada perkebunan warga. Namun, warga mengaku ketakutan dengan kehadiran gajah yang lokasinya hanya sekitar 1 km dari pemukiman warga. Untuk itu, dia mengatakan, anggotanya bersama dengan masyarakat setempat berusaha mengusir gajah dengan meriam bambu dan membuat suara gaduh.

Munarto menuturkan, gajah berukuran raksasa tersebut diketahui merupakan gajah pengawasan BBKSDA Provinsi Jambi yang dilepas di kawasan hutan Kabupaten Tebo. Pada tubuh gajah tersebut terpasang Global Positioning System (GPS) untuk melacak keberadaan hewan dilindungi itu.