Rabu 08 Feb 2017 10:02 WIB

Ini Tiga Cara Sandiaga Gerakkan Ekonomi Melalui Startup

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bayu Hermawan
Cawagub DKI, Sandiaga Uno saat berorasi dalam kampanye akbar di lapangan Arcici, Jakarta Pusat, Ahad (29/1).
Foto: Dokumen Anies-Sandi Media Center
Cawagub DKI, Sandiaga Uno saat berorasi dalam kampanye akbar di lapangan Arcici, Jakarta Pusat, Ahad (29/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berjanji akan memberi kemudahan bagi siapapun yang ingin bergerak di bidang startup atau rintisan usaha di bidang teknologi informasi.

"Kita akan berikan ijin langsung bagi UMKM yang memulai usaha di rumah atau garasi di sektor jasa seperti IT, digital dan teknologi," kata dia dalam diskusi bertajuk Startup Talk Learn Under Fire, di Jakarta Utara, Selasa (7/2).

Gagasan ini akan disandingkan dengan program unggulan pasangan nomor urut tiga ini, yakni OK OCE atau One Kecamatan One Center for Entrepreneurship. OK OCE nantinya akan juga menjangkau dalam pengembangan Startup. Sandi mengatakan startup dan UMKM adalah jenis yang berbeda dan mengharuskan proses pembelajaran yang berbeda pula.

Permasalahan lainnya yang dihadapi dalam mengembangkan usaha adalah permodalan. Terkait hal tersebut, Sandi akan memfokuskan seluruh institusi keuangan untuk memberikan prioritas pembiayaan kepada UMKM dan akan memberikan insentif sebagai stimulus.

"Dengan adanya prioritas pembiayaan untuk modal UMKM ini maka siapapun tak perlu khawatir atau takut dalam memulai usaha. Kita bantu semaksimal mungkin untuk gerakkan ekonomi Jakarta," kata Sandi.

Pasangan Cagub Anies Baswedan ini juga mengatakan bahwa kewirausahaan di bidang IT, teknologi, dan digital akan dipermudah dengan diberlakukannya insentif fiskal bagi yang membuka lapangan dan mempekerjakan lima orang atau lebih.

Garasi Inovasi, permodalan, dan insentif fiskal nantinya akan diimplementasikan langsung dengan program OK OCE Anies Sandi. Dengan program ini dunia UMKM dan Startup di Jakarta diharapkan akan menggeliat untuk menggerakkan roda perekonomian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement