Kamis 03 Dec 2015 17:34 WIB

Anggota Tim Kecil dari Pesepak Bola Hingga Diplomat

Rep: Bambang Noroyono / Red: Citra Listya Rini
Gatot S Dewa Broto
Foto: REPUBLIKA/Israr Itah
Gatot S Dewa Broto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)mengumumkan lima anggota Tim Kecil. Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan di Kemenpora, Gatot Dewa Broto mengungkapkan lima anggota tim komunikasi cetusan Presiden Joko Widodo itu dihuni para diplomat, pesepak bola, dan dari pemerintahan juga mantan pemangku jabatan keolahragaan.

Gatot, yang juga merangkap sebagai Juru Bicara Tim Transisi itu mengungkapkan, lima anggoto tersebut antara lain mantan Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Djoko Susilo, dan diplomat senior Makarim Wibisono. Selain itu, ada nama mantan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo. Selain itu, ada juga Dede Sulaiman sebagai perwakilan dari personal sepak bola Tanah Air.

"Terakhir ada saya sendiri (Gatot Dewa Broto) perwakilan dari sini (Kemenpora)," kata Gatot, saat ditemui Republika, Kamis (3/12). Dikatakan Gatot, nama-nama tersebut belum mulai bekerja. Namun, sudah resmi sebagai tim yang nantinya bakal menjadi wadah komunikasi baru antara Indonesia dengan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Tim Kecil bakal menjadi wadah baru reformasi tata kelola sepak bola Indonesia. Tim itu berawal dari ide Presiden Jokowi saat menjadi tuan rumah penyambutan delegasi FIFA bersama Federasi Sepak Bola Asia (AFC) November lalu. Tim itu dimaksudkan agar ada perwakilan dari pemerintah untuk bisa mengakses komunikasi langsung antara Indonesia dan FIFA.