Kamis 23 Aug 2012 01:04 WIB

Rifat Mengaku Puas dengan Hasil Ujicoba Lintasan WRC

Rifat Sungkar
Foto: Rosa Panggabean/Antara
Rifat Sungkar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pereli nasional Rifat Sungkar mengaku puas dengan hasil ujicoba lintasan perdana yang akan dilalui pada Kejuaraan Reli Dunia (World Rally Championship/WRC) seri Jerman, 24-26 Agustus.

Rifat Sungkar yang membela Fastron World Rally Team pada ujicoba lintasan perdana di Jerman, Rabu, mampu menyelesaikan empat special stage (SS) di wilayah Dhrontal, Mittelmosel, Moselland dan Grafchaft serta Super SS Circus Maxcimus.

"Dari empat SS yang kami survei, karakteristiknya hampir sama. Lintasan sempit dan banyak "hairpin". Jadi lintasannya sangat menantang. Apalagi saya baru pertama kali turun di lintasan aspal," kata Rifat Sungkar melalui surat elektronik.

Pereli yang berpasangan dengan navigator Scott Beckwith itu mengaku meski uji coba belum sepenuhnya maksimal pihaknya telah mendapatkan beberapa catatan yang diharapkan bisa membantu saat kejuaraan resmi berlangsung.

Meski sudah mengetahui karakter lintasan yang akan dilalui, anak pasangan Helmy dan Ria Sungkar ini mengaku khawatir jika saat balapan berlangsung turun hujan.

Jika hujan turun sangat berpengaruh dengan jalannya balapan.

"Lintasan yang basah akan mengendurkan grip pada ban, itu cukup berbahaya pada lintasan aspal yang cepat dan penuh tikungan tajam ini," kata Rifat menambahkan.

Setelah menyelesaikan ujicoba lintasan empat SS, pasangan Rifat Sungkar/Scott Beckwith akan kembali melakukan ujicoba, hanya saja tempatnya yang berbeda yaitu di Arena Panzerplatte, Peterberg dan Stein.

Usai menyelesaikan uji lintasan, tahapan selanjutnya akan melakukan "scrutineering" atau melakukan pengecekan maupun kesiapan terhadap kendaraan yang akan digunakan untuk balapan oleh panitia.

WRC seri Jerman dengan titel ADAC Rallye Deutschland akan digelar di Kota Tier. Balapan ini adalah seri sembilan dari rangkaian WRC dan seri empat untuk kelas Production Worll Rally Championship (PWRC) dan akan diikuti pereli top dunia

Khusus untuk PWRC, Indonesia mengirimkan wakilnya yaitu Subhan Aksa. Prestasi pereli yang memperkuat Bosowa Rally Team ini cukup bagus karena hingga saat ini bertengger di posisi tiga klasemen dengan 42 poin.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement