Selasa 01 May 2012 22:47 WIB

Dana Olimpiade Diharapkan Cair Pekan Ini

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Chairul Akhmad
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pencairan dana kontingen RI ke Olimpiade London 2012 hingga kini masih di perjalanan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengupayakan pada pekan ini dana olimpiade bisa dicairkan.

 

Menpora Andi Mallarangeng mengatakan, upaya pencairan dana olimpiade saat ini masih terus dilakukan. "Kita sedang usahakan sesegera mungkin pencairan dana olimpiade dilakukan pekan ini," kata Andi ketika dijumpai di kantornya, Jakarta, Selasa (1/5) malam.

 

Menurut dia, Sekretaris Kemenpora telah berkonsultasi dengan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan untuk terus membahas pencairan dana Olimpiade London 2012, termasuk juga pencairan dana Asian Beach Games 2012.

 

Sebelumnya, Sekretaris Kemenpora, Yuli Mumpuni Widarso, menyatakan saat ini proses dana olimpiade 2012 yang masuk dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) terus berjalan. "Proses DIPA hingga kini masih berjalan. Kemungkinan memakan waktu seminggu. Ya, kita harapkan pekan ini cair," kata Yuli.

 

Menurut Yuli, dana olimpiade merupakan dana yang masuk program reguler Kemenpora setiap empat tahun sekali. Untuk itu, Kemenpora memiliki alasan yang jelas meminta adanya anggaran tersebut. "Hanya perlu kami tambahkan sasaran dan target apa yang ingin dicapai pada olimpiade," tambah Yuli.

Termasuk memperhitungkan berapa besar kemampuan dana dari masing-masing pengurus besar cabang olahraga yang akan berlaga di olimpiade.  Adapun dana olimpiade yang ditetapkan pemerintah untuk perhelatan Olimpiade London yang akan diselenggarakan pada 27 juli sampai 12 Agustus mendatang sebesar Rp 26,584 miliar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement