Sabtu 01 Apr 2017 21:31 WIB

Australia Perketat Pemeriksaan Penumpang Maskapai dari Timteng

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Suasana Bandara di Australia
Foto: Onislam.net
Suasana Bandara di Australia

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Pemerintah Australia menetapkan pemeriksaan keamanan tambahan terhadap penumpang yang melakukan penerbangan langsung dari sejumlah negara di Timur Tengah. Hal itu disebut dilakukan sebagai upaya mencegah kemungkinan tindak kejahatan.

Aturan serupa sebelumnya diterapkan oleh Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Namun, Australia tidak menetapkan larangan untuk membawa perangkat elektronik yang lebih besar dari ponsel seperti laptop dan tablet ke dalam kabin pesawat.

"Kami menetapkan aturan untuk memperketat pemeriksaan sesuai saran dari pemerintah federal keamanan nasional dan mulai berlaku pada pekan depan," ujar Menteri Transportasi Australia Darren Chester dalam sebuah penyataan, Jumat (31/3).

Pemeriksaan keamanan tambahan bagi penerbangan dari Timur Tengah meliputi deteksi alat peledak. Ada kemungkinan bagasi maupun bawaan para penumpang dipilih secara acak untuk diperiksa secara lebih rinci seperti melihat perangkat elektronik atau benda lainnya yang mereka bawa.

Langkah baru yang ditetapkan Australia itu akan mempengaruhi penumpang yang terbang langsung ke Australia di antaranya dari kota-kota di Uni Emirat Arab, yaitu Abu Dhabi dan Dubai. Maskapai penerbangan yang terkena dampak secara menyeluruh adalah Etihad, Emirates, dan Qatar Airways.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَكُمْ وَرَفَعْنَا فَوْقَكُمُ الطُّوْرَۗ خُذُوْا مَآ اٰتَيْنٰكُمْ بِقُوَّةٍ وَّاسْمَعُوْا ۗ قَالُوْا سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا وَاُشْرِبُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْعِجْلَ بِكُفْرِهِمْ ۗ قُلْ بِئْسَمَا يَأْمُرُكُمْ بِهٖٓ اِيْمَانُكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ
Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji kamu dan Kami angkat gunung (Sinai) di atasmu (seraya berfirman), “Pegang teguhlah apa yang Kami berikan kepadamu dan dengarkanlah!” Mereka menjawab, “Kami mendengarkan tetapi kami tidak menaati.” Dan diresapkanlah ke dalam hati mereka itu (kecintaan menyembah patung) anak sapi karena kekafiran mereka. Katakanlah, “Sangat buruk apa yang diperintahkan oleh kepercayaanmu kepadamu jika kamu orang-orang beriman!”

(QS. Al-Baqarah ayat 93)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement