Senin 03 Apr 2017 05:17 WIB

Selama Bulan April Monas akan Membiru, Ada Apa?

Rep: Muhyiddin/ Red: Nur Aini
Monumen Nasional (Monas) disorot dengan lampu/cahaya biru sebagai kampanye Light It Up Blue (LIUB) di Jakarta, Ahad (2/4) malam.
Foto: Republika/Prayogi
Monumen Nasional (Monas) disorot dengan lampu/cahaya biru sebagai kampanye Light It Up Blue (LIUB) di Jakarta, Ahad (2/4) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan April 2017, warna Monumen Nasional (Monas) akan berubah menjadi biru. Ikon Ibu Kota tersebut akan disorot dengan cahaya lampu berwarna biru selama pelaksaan kampanye Light It Up Blue (LIUB) yang akan digelar sejak 2 April hingga 30 April 2017.

Kampanye tersebut diadakan oleh Yayasan Autisme Indonesia (YAI) dengan dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dengan menjadikan Monas bermandikan cahaya biru, Jakarta dan Indonesia telah tiga tahun berturut-turut menjadi bagian dari kampanye tersebut.

2 April dipilih sebagai hari kampanye, karena sejak 2007 silam Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menetapkan 2 April sebagai Hari Peduli Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day). “Sebagian besar ikon kota dan bangunan juga akan terus bermandikan cahaya biru selama sebulan penuh selama April, karena April juga merupakan Bulan Kepedulian Autism,” ujar Ketua Yayasan Autisma Indonesia, Melly Budiman dalam keterangan tertulisnya, Ahad (2/4).

Ia mengatakan, kampanye ini juga sebagai tanda simpati serta penghargaan kepada semua keluarga yang telah mendampingi individu dengan autisme untuk bisa mandiri dan berkarya. “Warna biru menjadi simbol bahwa masyarakat menerima dengan tangan terbuka semua individu dengan autisme, serta siap berinteraksi dengan mereka tanpa diskriminasi,” katanya.