Senin 10 Apr 2017 19:27 WIB

Membangun Ketahanan Pangan dari Rumah Masing-Masing

Red: Dwi Murdaningsih
Warga menunjukkan cabai rawit yang ditanam di pekarangan rumahnya di Desa Tanjung Gusta, Sunggal, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (25/1).
Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Warga menunjukkan cabai rawit yang ditanam di pekarangan rumahnya di Desa Tanjung Gusta, Sunggal, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (25/1).

REPUBLIKA.CO.ID, WONOGIRI -- Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK merilis 'Gerakan Peran Serta Masyarakat dalam Pemanfaatan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan Keluarga Indonesia' secara serentak di 10 provinsi. Sepuluh provinsi tersbut yaitu Jawa Tengah, Sumatra Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Menteri Pertanian yang berada di Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, Jakarta dan Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan melakukan telekonferensi bersama Ketua Tim Penggerak PKK di Desa Glesungrejo, Kec. Baturetno, Kab. Wonogiri Jawa Tengah, serta para pengurus PKK danmasyarakat di 9 Provinsi lainnya.Wonogiri sebagai host pelaksanaan telekonferensi.

Mentan Amran bersama Kepala Badan Litbang Pertanian Muhammad Syakir selain melaksanakan telekonferens juga melaksanakan pindah tanam bibit cabai dan sayurandan penyerahan bibit tanaman cabai dan sayuran. Jumlah bantuan yang akan diberikan yaitu berupa bibit cabai sebanyak 150 ribu bibit untuk 10 provinsi, ayam petelur sebanyak 1.000 ekor di lokasi acara, dan 10 ribu ekor di  beberapa provinsi lainnya, kultivator sesuai kebutuhan masyarakat sekitar sebanyak 5 buah.

Telekonferensi di 9 Provinsi lainnya bertempat di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kementerian Pertanian di masing-masing provinsi serta dihadiri oleh Ketua beserta anggota TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota, instansi terkait dan masyarakat luas. Gerakan optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui pemberdayaan wanita yang dikoordinasikan oleh Tim Penggerak PKK di masing-masing wilayah seluruh Indonesia ini diawali dengan Launching Gerakan Penanaman 10 juta Pohon Cabe di Cilodong pada tanggal 22 November 2016. Kerjasama antara Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dengan Ketua Tim Penggerak PKK Pusat dilanjutkan dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama pada tanggal 30 November 2016 di Jakarta.